Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Pengalaman Interview Psikotes PT Mitracomm Ekasarana

PT Mitracomm Ekasarana adalah perusahaan penyalur jasa tenaga kerja yang bekerjasama dengan beberapa perusahaan seperti tokopedia, Bank BCA, Provier 3, Telkom, market place bli bli dan lain – lain.

PT. Mitracomm Ekasara ada di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Semarang, mungkin juga ada di kota lain. Jobdesk dari Mitracomm adalah sebagai customer service atau call center dari mitra perusahaan.

Untuk rincian gaji di PT Mitracomm Ekasarana tergolong cukup tinggi dan baik. Serta para pekerja juga akan mendapatkan tunjangan.

Untuk mengetahui besaran gaji dan tunjangan karyawan dari PT Mitracomm Ekasarana bisa dibaca disini

Psikotes Interview di PT Mitracomm di lakukan setiap hari Senin sampai Jumat di jam kerja, anda bisa melamar pekerjaan di Mitracomm melalui email, aplikasi pencari kerja seperti jobstreet, indeed dan lain sebagainya.

Undangan psikotes Mitracomm akan dikirimkan melalui email atau telpon yang akan di kabarkan kepada anda, berdasarkan pengalaman pribadi saya mendapatkan undangan psikotes Mitracomm melalui email dan telepon. Jarak waktu saat melamar hingga interview dan psikotes relatif cepat bisa satu ataupun dua hari setelah kita mengirimkan lamaran ataupun bisa lebih.

Jobdesk utama dari Mitracomm adalah sebagai customer service atau layanan pelanggan, jobdesk tersebut juga di tentukan oleh mitra masing – masing perusahaan yang bekerjasama dengan mitracomm. Tapi kebanyakan adalah bekerja sebagai customer service di perusahaan mitra. Saat interview di PT Mitracomm kita juga akan ditanya mengenai jobdesk dari pekerjaan yang kita lamar. Untuk mengetahui jobdesk lengkapnya bisa baca disini

Mitracomm Semarang

Berdasarkan pengalaman mengikuti interview dan psikotes Mitracomm saya akan review proses interview dan psikotes di Mitracomm.

Saya berangkat dari rumah menuju kantor Mitracomm Semarang, karena ada undangan melalui email dan telepon, waktu itu saya melamar melalui aplikasi indeed, panggilan interview kerja dan psikotes relatif cepat. 

Setelah sampai disana ternyata sudah banyak orang yang mengantri. Pada proses seleksi di mitracomm hari itu ada 2 proses yang harus kita lewati yang pertama adalah  interview dan psikotes.

Para pelamar menunggu di ruang tunggu yang di sediakan, sampai nama kita di panggil oleh HRD untuk masuk kedalam ruang interview. Ada dua ruang yang masing – masing ada satu HRD yang menginterview para pelamar.

Para pelamar akan dipanggil kedalam ruangan bisa langsung berdua ataupun satu. Kebanyakan masuk ruangan interview adalah 2 orang pelamar, namun saat giliran saya interview waktu itu hanya tinggal saya seorang, jadinya di interview sendiri. Mungkin saya berangkatnya memang rada siang jadi dapat giliran terakhir.

Pertanyaan interview di Mitracomm hampir sama dengan pertanyaan kerja pada umumnya. Mungkin kalian bertanya apakah di haruskan untuk menjawabnya dengan bahasa Inggris?

Untuk mengetahui soal pertanyaan interview PT Mitracomm dan bagaimana cara menjawabnya bisa dibaca disini. 

Tidak harus menjawabnya dengan bahasa Inggris, paling tidak kalian bisa memperkenalkan diri dalam bahasa inggris, tapi alangkah lebih baik berlatih untuk menjawab pertanyaan dalam bahasa inggris. Namun jika kalian memang lebih percaya diri menjawab dengan bahasa Indonesia tidak masalah.

Paling tidak kalian mengerti pertanyaan jika HRD bertanya dalam bahasa Inggris, untuk menjawabnya bisa menggunakan bahasa negara kita.

Saat itu juga dijelaskan HRD kebutuhan lowongan kerja adalah untuk beberapa posisi dan saya ditawari untuk posisi call center Traveloka. Saya mengiyakan untuk posisi tersebut, dan interview berjalan dengan lancar. 

Setelah proses interview selanjutnya adalah psikotes di ruang yang berbeda, harus mengantri dulu sampai nama kita di panggil.

Saat psikotes di Mitracomm, kita akan masuk ke dalam ruangan komputer, proses psikotes Mitracomm dibagi per kloter dan masuk ruangan bareng pelamar lainnya.

Saat psikotes di Mitracomm ada bebera sesi soal psikotes, per sesi diberi batasan waktu.

Saya akan bagikan kisi kisi soal psikotes Mitracomm berdasarkan pengalaman, bisa kalian jadikan sebagai referensi persiapan saat melamar pekerjaan di Mitracomm.

Soal Psikotes Mitracomm :

  1. Tes mengetik cepat dan akurat ( test mengetik angka, kata bahasa Inggris , kata bahasa Indonesia)
  2. Soal bahasa inggris ( melanjutkan dialog, melengkapi paragraf, soal dalam bentuk pilihan ganda)
  3. Test analogi kata
  4. Test melanjutkan gambar
  5. Test deret angka
  6. Test psikologi kepribadian ( memilih pernyataan yang paling sesuai dengan kepribadian anda)

Sebelum mengerjakan soal tersebut kita akan di briefing dulu oleh pihak mitracomm, tentang tata cara mengerjakan soal psikotes dan perlu di ingat per sesi soal ada batas waktu.

Dalam mengikuti psikotes di Mitracomm alangkah baiknya persiapan terlebih dahulu, anda bisa berlatih mengetik cepat dan akurat  melalui online tinggal cari aja tes mengetik cepat di mesin pencari, maka anda bisa berlatih mengetik cepat dan mengetahui seberapa cepat anda mengetik dan akan tahu juga ke akurasiannya.

Kisi kisi soal psikotes Mitracomm berdasarkan pengalaman saya dan mungkin bisa jadi ada yang terlewat, tapi pada intinya soal psikotes hampir sama dan sering kita jumpai saat melamar suatu pekerjaan.

Setelah proses inteview dan psikotes selesai semuanya, kita akan diumumkan siapa saja yang lolos untuk mengikuti proses selanjutnya.

Waktu kebetulan saya lolos untuk mengikuti proses selanjutnya dan diarahkan di bagian call center traveloka,ada juga pelamar lain yang lolos di bank BCA, profider 3, Telkom, Tokopedia.

Untuk yang lolos di suruh HRD untuk stay terlebih dahulu karena mau di briefing.

Briefing mitracomm dijelaskan oleh HRD bahwa yang lolos psikotes dan interview akan menjalani proses interview user dari masing – masing mitra. Di jelaskan disuruh menunggu terlebih dahulu sampai dipanggil lagi dari pihak perusahaan. Bisa satu minggu atau lebih.

Untuk yang di tempatkan di Bank BCA, besoknya langsung di briefing oleh Mitracomm, karena kan dijadwalkan interview bersama user dari Bank BCA. Sementara untuk penempatan mitra lainnya disuruh untuk menunggu sampai nanti di panggil kembali.

Saat pandemi sekarang ini proses kerja psikotes di Mitracomm, menggunakan psikotes online melalaui website resmi dari Mitracomm. Psikotes online di Mitracomm bisa jadi soal soalnya juga hampir mirip dengan psikotes secara langsung.