Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Interview di PT Ungaran Sari Garment

Halo semuanya pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman mengikuti tes melamar pekerjaan di PT Ungaran Sari Garment atau PT USG Pringapus. 

Waktu itu saya pernah melamar pekerjaan di PT Ungaran Sari Garment Semarang. Pagi pagi saya mulai berangkat dari kos menuju Ungaran, kebetulan berangkat bersama teman.

Perjalanan lumayan jauh, saya sarankan untuk kalian sebelum berangkat sarapan terlebih dahulu karena proses seleksi cukup panjang dan yang ikut tes juga banyak jadi waktu menunggunya cukup lumayan.

Kebetulan saat itu PT USG lagi membuka lowongan pekerjaan untuk banyak posisi, karena saya saat itu terhitung masih fresh graduate jadi mencoba melamar pekerjaan ke sana. 

Jam kerja pt Ungaran Sari Garment
Sistem yang saya ikuti saat itu ada sistem walk interview jadi siapa saja boleh datang untuk mengikuti seleksi. Waktu itu saya melamar sebagai staf, entah nantinya mau di masukan di pekerjaan mana sama HRD saya siap karena posisi memang baru lulus kuliah.

Sampai di sana ternyata sudah banyak orang yang melamar, mulai dari lulusan SMA bagian produksi sampai bagian staf.

Saya sarankan datangnya lebih pagi, supaya dapat antrian dulu. Sebelum mengikuti interview kalian harus menyiapkan berkas berkas yang diperlukan. Seperti Fc ijazah, FC transkrip nilai, FC KTP, kk, surat lamaran dan dokumen pendukung lainnya. Untuk format surat lamaran yang baik dan benar dari PT Ungaran Sari Garments dapat dibaca disini. Jangan sampai ke sana tidak membawa dokumen, karena dokumen tersebut bakalan dikumpulkan.

Pada saat itu asisten HRD menyuruh kami duduk di depan kantor USG, dan membagikan form registrasi berisi biodata diri kita dan harus diisi lengkap. Setelah proses pengisian biodata selesai proses selanjutnya adalah seleksi psikotes.

Psikotes ini berisi soal matematika dasar, persamaan kata, paduan kata, dan figural (mencocokan gambar) lumayan cukup banyak. Mungkin sebelum kalian mengikuti seleksi alangkah baiknya untuk mengulang kembali materi tersebut. 

Soalnya tidak terlalu sulit cuman memang dibatasi oleh waktu untuk mengerjakannya.

Setelah sesi mengerjakan soal psikotes, sesi selanjutnya adalah sesi interview dengan HRD. Dan sistem interview nya adalah satu persatu masuk kedalam ruangan HRD, sampai nama kalian dipanggil. Saat giliran saya dipanggil disitu HRD sudah memegang berkas lamaran saya dan membaca CV diri saya. 

Pertama disuruh perkenalan. Saya memperkenalkan diri selengkap mungkin, karena masih lulusan baru jadi saya tekankan pada pengalaman organisasi yang saya ikuti selama kuliah.

Menurut pengalaman yang saya dapatkan selama interview di PT Ungaran Sari Garment poin yang cukup penting adalah persiapkan bahasa inggris, karena beberapa ditanya menggunakan bahasa Inggris dan kita disuruh menjawab juga menggunakan bahasa inggris karena PT Ungaran Sari Garment merupakan perusahaan penanam modal asing (PMA) yang berasal dari India.

Bagi kalian yang mau mengikuti test di PT Ungaran Sari Garment alangkah baiknya mempersiapkan bahasa Inggris agar kalian bisa menjalani interview dengan baik.

Mungkin ada tips yang bisa saya bagi jika kalian mau mengikuti tes di PT Ungaran Sari Garment :

  1. Persiapkan dokumen sebelum hari H
  2. Datang lebih pagi
  3. Sarapan karena proses seleksi cukup lama
  4. Bawa makanan kecil (roti), air minum sebagai bekal menunggu karena jika kondisi lapar dan haus konsentrasi akan buyar
  5. Latihan soal psikotes
  6. Latihan bahasa inggris

Setelah mengikuti proses interview saya dan teman saya disuruh pulang dan menunggu lagi pengumuman selanjutnya jika lolos akan dipanggil lagi untuk tes selanjutnya.

Demikian pengalaman yang dapat saya sampaikan, mungkin setiap individu bisa memiliki pengalaman yang berbeda bisa ditambahkan di kolom komentar.