Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Tes FHCI BUMN Kisi Kisi Soal FHCI BUMN Part 1


soal BUMN

Pengalaman tes FHCI BUMN - Halo semuanya, pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman mengikuti seleksi FHCI BUMN atau Forum Human Capital Indonesia BUMN.

Selain ini saya juga akan membagikan proses seleksi, serta apa saya yang harus dipelajari untuk dapat mengerjakan soal FHCI BUMN.
Tes FHCI BUMN merupakan seleksi yang dilakukan oleh perusahaan perusahaan BUMN. Seleksi FHCI BUMN tidak dilakukan setiap tahun. Namun pada tahun ini dilakukan kembali seleksi tes FHCI BUMN.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman mengikuti tes FHCI BUMN yang pernah saya ikuti. Pengalaman saya ini bisa menjadi referensi buat anda, yang saat ini sedang mengikuti tes FHCI BUMN.

Awal saya mendapat kabar, kalau ada seleksi FHCI BUMN, dan mumpung ada kesempatan saya mencoba mengikuti nya. Posisi saya memang sudah bekerja di salah satu perusahaan swasta.
Namun berhubung ada pembukaan seleksi FHCI BUMN saya mencoba nya.

Proses yang paling awal dalam seleksi FHCI BUMN adalah pendaftaran. Pendaftaran dilakukan melalui halaman resmi dari FHCI BUMN. Pertama adalah membuat akun terlebih  dahulu, setelah membuat akun. Kita ada di intruksikan untuk mengisi halaman formulir pendaftaran. Isi sedetail dan sejelas jelaskan ya. Gunakan bahasa Indonesia saja ya. Dalam laman pendaftaran online registrasi ada biodata, pengalaman organisasi, skill yang dimiliki, pelatihan, pengalaman kerja, akun sosial media. Intinya kalian harus mengisi lengkap dan jelas pada laman formulir pendaftaran.

Selain mengisi kita juga diwajibkan untuk mengunggah beberapa dokumen seperti KTP, ijazah, transkrip nilai, dan sertifikat pendukung. Untuk dokumen yang menjadi syarat wajib harap untuk diisi. Ada beberapa dokumen optional yang boleh diisi atau boleh juga tidak salah satunya adalah SKCK yang tidak wajib. Tapi untuk dokumen yang menjadi syarat wajib harus diisi ya, karena itu merupakan syarat wajib administrasi yang menentukan kelolosan pada tahap administrasi.

Setelah mengisi lengkap pada proses laman registrasi langkah selanjutnya adalah memilih posisi perusahaan yang akan dilamar. Sesuaikan posisi yang dilamar dengan jurusan kamu atau pilih posisi yang terbuka untuk semua jurusan. Kita boleh memilih 3 posisi. Pilih posisi 1 yang menjadi minat kamu dan memiliki peluang untuk lolos dan bekerja di BUMN tersebut. Namun tiap periode mungkin bisa berbeda, apakah kita boleh milih 3 perusahaan atau hanya 1 saja.

Jangan sampai kamu jangan terlalu lama  memilih ya, karena setiap lowongan ada batas maksimal kuotanya. Setelah kuota penuh, maka lowongan tersebut sudah langsung ditutup oleh sistem dan kita tidak bisa melamar. Dulu pengalaman saya, karena terlalu lama memilih, akhirnya perusahaan yang saya inginkan kuotanya sudah penuh dan otomatis tidak bisa melamar untuk posisi tersebut dan akhirnya saya melamar untuk posisi lain yang kuota pelamarnya masih tersedia.

Mungkin menunda pilihan dari perusahaan yang akan kita pilih adalah bagian dari strategi, untuk melihat berapakah pesaing namun ternyata kalau kelamaan makan kuota akan penuh dan kita justru tidak bisa melamar untuk posisi tersebut. Jadi jangan sampai posisi yang kita inginkan, kuotanya penuh sebelum kita melamar pada posisi tersebut.
Setelah melamar posisi yang kita inginkan, tahap selanjutnya adalah menunggu hasil seleksi administrasi. Mungkin sekitar 1 minggu   atau lebih, agar anda selalu mendapatkan informasi mengenai seleksi tes FHCI BUMN bisa masuk ke group telegram. Di sana akan banyak informasi dari peserta lainnya.

Anda juga dapat berdiskusi melalui group FHCI BUMN.
Setalah menunggu, saya mendapatkan informasi dari group kalau pengumuman administrasi telah diumumkan melalui laman pendaftaran di akun masing masing peserta.

Tanpa pikir panjang saya cek melalui laman FHCI BUMN di menu lamaran Anda. Jika dinyatakan lolos tahap administrasi maka tampilannya yaitu warna hijau, kalau tidak lolos akan bewarna merah. 

pengumanan fhci bumn

Pada tahap online registrasi banyak peserta yang lolos tahap administrasi, selama Anda mengisi formulir registrasi online dengan benar dan melamar sesuai dengan kualifikasi maka akan lolos.

Untuk tahap selanjutnya adalah tahap 2, tesnya bersifat online di tempat masing masing peserta. Untuk perangkat tes dan keperluan dipersiapkan sendiri ya. Para peserta akan mendapatkan email mengenai jadwal kapan tes tahap 2. Email berisi username dan password untuk mengakses soal tes.

Pada tahap 2 kamu hanya bisa masuk pada waktu jadwal tesnya, jika belum masuk waktunya, kamu tidak bisa masuk ke laman soal. Pastikan kamu menyiapkannya dengan baik, mulai dari perangkat, jaringan internet harus stabil. Saat mengerjakan soal, kamera laptop harus aktif ya, seluruh pergerakan akan diawasi melalui kamera. Jadi ketika ada tindak kecurangan akan ketahuan. Seluruh intruksi dan peraturan harus kalian penuhi ya. Tipsnya tetap tenang siapkan corat coret karena ada soal matematika.

Pada tes tahap 2 yaitu tes kompetensi dasar dan nilai core value AKHLAK dari BUMN. Pada tes kompetensi dasar mirip dengan tes TKD pada CPNS, kemudian tes core Value AKHLAK mengenai nilai nilai dari BUMN. Untuk tahapan  tes TKD dan tes AKHLAK dari BUMN akan saya bagikan pada part selanjutnya ya. Untuk pengalaman tes FHCI BUMN sekaligus kisi kisi soal pada tes kompetensi dasar dan AKHLAK BUMN bisa dibaca disini