Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Psikotes Interview Prima Freshmart

Halo semua pada tulisan kali ini saya akan membagikan review pengalaman mengikuti test melamar pekerjaan di PT Prima Freshmart Semarang.

PT Prima Freshmart adalah anak cabang dari PT Charoen Pokhpand. Prima Freshmart ada toko mirip indomaret atau retail tapi yang menjual produk seperti daging ayam, dan produk frozen food dari merk fiesta, akumo, asimo dan cham. 

Waktu itu saya mendapatkan panggilan dari PT Prima Freshmart Semarang setelah mendaftar lowongan pekerjaan yang di infokan lewat sosial media.

Cuman jeda beberapa hari dari tanggal saya melamar, saya di berikan informasi melalui whatsapp untuk diundang mengikuti seleksi psikotes dan interview. Kebetulan saya dapat undangan interview dan psikotes siang pukul 11.00 WIB. Ternyata ketika saya sampai ada juga kandidat yang mengikuti seleksinya pagi hari atau sebelum kloter saya. 

Jangan lupa ketika berada di lokasi interview untuk membawa berkas lamaran. Berikut adalah contoh surat lamaran di PT Prima Fresmart bisa dibaca disini.

Waktu saya sampai di lokasi bertanya sama mbak - mbak yang bekerja di Prima Freshmart, saya bertanya kalau saya ada undangan interview. Mbak - mbak tersebut menyuruh saya langsung ke atas lantai 2, lantai 1 adalah retail dari Freshmart yang menjual produk produk yang seperti saya sebutkan diatas dan lantai atasnya adalah untuk proses seleksi karyawan baru. 

Lanjut ke proses psikotesnya, sebenarnya prosesnya tidak terlalu beda dengan proses seleksi ditempat lain mengisi formulir, mengerjakan soal psikotes, dan interview.

tes kerja di prima freshmart
Proses yang pertama adalah mengisi formulir yang berisi biodata diri. Biodata diri lengkap kalian cukup mengikutinya saja. Setelah mengisi biodata selanjutnya adalah psikotes. Untuk proses psikotes lebih soal matematika dasar dan soal cerita hitung - hitungan.

Tipsnya adalah ketelitian. Karena posisi yang dilamar ada sebagai retail berurusan dengan barang dan uang dan transaksi melayani pelanggan jadi harus teliti dalam perhitungan. Ikutilah segala proses psikotes yang di perintahkan oleh HRD, jangan sampai belum disuruh mengerjakan kalian sudah mengerjakannya terlebih dahulu. Ikuti segala intruksi dari HRD dalam konteks ini buat kesan yang baik dengan segala aturan main yang ada.

Setelah proses psikotes selesai kita diberikan  waktu untuk istirahat, karena kebetulan waktu jam istirahat siang. Dan kita disuruh kembali pukul 13.00 jangan sampai ketinggalan ya.
Setelah kami para kandidat istirahat kami disuruh menunggu diluar, saat itu ada 5 orang yang mengikuti proses seleksi

Setelah selesai waktu istirahat kami, kembali lagi di lokasi. Dan proses selanjutnya adalah interview. Di proses interview para kandidat pelamar masuk satu per satu. Dan kandidat yang lainnya di suruh untuk menunggu diluar sampai nama kita dipanggil. Interview sekitar 30 menit untuk per kandidat. 

Pertama kita disuruh memperenalkan diri. Kemudian ditanya pengalaman kerja, dan dapat info loker ini dari mana. Jawab berdasarkan pengalaman hidup kalian. Dan jangan lupa untuk mempelajari produk produk yang di jual di Freshmart mungin bisa jadi itu akan berguna.

Setelah proses interview selesai saat itu langsung pengumuman siapa saja yang lolos. Yang lolos akan langsung diberikan briefing saat itu juga, sementara yang tidak langsung disuruh pulang.  

Sayang sekali saat itu saya tidak lolos untuk proses selanjutnya. Bagi kalian tetap semangat dalam mencari pekerjaan. Selalu berusaha dan berdoa.

Terima kasih telah membaca ulasan PT Prima Freshmart.