Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Interview Psikotes Mitracomm Review Pengalaman

Soal Mitracomm ekasarana

Sebelumnya saya telah menceritakan pengalaman mengikuti interview dan psikotes di PT Mitracomm Ekasarana, pada kesempatan ini saya akan membagikan pertanyaan apa saja yang ditanyakan saat interview dan psikotes di PT Mitracomm Ekasarana

Proses seleksi di PT Mitracomm Ekasarana Semarang berlangsung 1 hari, untuk proses awal sebelum seleksi ke user masing masing mitra.

Proses yang pertama dari pengalaman yang saya alami adalah interview. Akan ada 2 HRD dari ruangan sebelahan, kalian bisa dapat HRD diruang 1 ataupun Ruangan 2. Hal tersebut bergantung berkas kalian di kumpulkan dimana oleh recepsionist. Bisa di HRD ruang 1 atau ruang 2.

Dalam proses interview di PT Mitracomm kita menunggu dulu nama kita dipanggil seperti yang disebutkan pada tulisan saya sebelumnya?

Langsung saja kita membahas pertanyaan apa saja yang diberikan oleh HRD saat interview.

  1. Coba  perkenalkan diri anda?
  2. Tahu lowongan Mitracomm dari mana?
  3. Dari 1-5 ketrampilan bahasa Inggris kamu di level berapa? 
  4. Kenapa mendaftar di Mitracomm?
  5. Mendaftar untuk posisi apa, jobdesk dari posisi yang dilamar?
  6. Kalau misal di taruh posisi pekerjaan selain yang kamu lamar apakah kamu bersedia
  7. Apakah kelemahan dan kelebihan diri kamu
  8. Kalau diterima kerja di Mitracomm Semarang berapa gaji yang kamu inginkan?
  9. Siap tidak dengan sistem kerja secara shift?

Itu adalah daftar pertanyaan yang diajukan saat proses interview. Pertanyaan tersebut sebenarnya pertanyaan yang biasa di tanyakan saat kita mendaftar pekerjaan.

Saya ingin memberikan tips bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut. Pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Saran saya kalian menyiapkan keduanya. Paling tidak kalian bisa memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.

Pada kesempatan ini saya akan memberi beberapa tips cara menjawab dari beberapa pertanyaan diatas

Pertanyaan tentang perkenalan diri
Cara menjawabnya adalah perkenalkan diri anda secara menarik dan lengkap dari nama, usia, tempat kelahiran, domisili, kegiatan kamu saat ini, background pendidikan, dan pengalaman kerja. 

Jika kalian yang termasuk dalam kategori lulusan baru kalian bisa menjelaskan aktivitas apa saja yang kalian lakukan selama kuliah sebagai poin tambah diri kalian, atau kalian juga bisa menjelaskan pengalaman magang kalian.

Pertanyaan tentang kelemahan dan kekuatan diri?

Tips cara menjawab pertanyaan ini bisa dibilang gampang gampang susah, karena cukup menjebak. Jawablah yang relevan dengan posisi yang sesuai dengan kalian lamar. Jika kalian mendaftar call center jawab kelebihan yang berhubungan dengan public speaking, memiliki kesabaran, orang yang dapat memecahkan masalah dengan sistematis, solutif, memiliki kepercayaan diri yang baik.

Kalau disuruh menjelaskan kelemahan harus berhati hati jangan sampai malah menjadi bumerang dan justru menjadi baru sandungan bagi posisi yang kamu lamar. Misalnya kalian menjawab kalau kalian kurang percaya diri, hal tersebut justru bakal akan menjadi poin khusus kalau kalian kurang cocok dengan posisi yang dilamar. 

Cari jawaban yang sekiranya yang tidak menghambat pada posisi yang kalian lamar. Misal jawabannya adalah kalau saya orangnya sangat detail sekali dalam bekerja, dan harus mengecek berkali kali pekerjaan yang sudah saya lakukan, hal tersebut kadang menjadi kelemahan karena kehatian hatian saya membuat sedikit lama dari orang lainnya dalam bekerja, karena ingin membuat pekerjaan saya sempurna.

Pertanyaan tentang gaji?

Sebelum kalian mengikuti proses seleksi diperusahaan alangkah baiknya mencari informasi terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut. Termasuk informasi tentang gaji, biar kalian bisa memperkirakan dalam kisaran berapa gaji posisi yang kalian lamar di perusahaan tersebut. 

Waktu saya ditanya gaji, saya menjawab kalau saya sebelum datang kesini sudah mencari informasi terlebih dahulu perihal gaji dari Mitracomm. Jadi saya siap bekerja di Mitracomm dengan kisaran gaji tersebut.

Begitulah pengalaman saya mengikuti interview di PT Mitracomm Ekasarana  Semoga tipsnya bermanfaat