Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tes PCPM Bank Indonesia Review Pengalaman Part 1

PCPM Bank Indonesia adalah kepanjangan dari Pendidikan Calon Pegawai Pangkat Asisten. PCPM Bank Indonesia yang merupakan  salah satu jalur seleksi penerimaan pegawai Bank Indonesia yang bertujuan untuk menyiapkan pemimpin dari Bank Indonesia. 

PCPM Bank Indonesia memiliki 2 jalur yaitu jalur Open Recruitment dan jalur Targeted Oriented. Perbedaan antara jalur Open Recruitment dan Targeted Recruitment adalah. Jalur PCPM Open Recruitment diperuntukan untuk semua kandidat yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pihak Bank Indonesia tanpa ada batasan lulusan perguruan tinggi mana atau bersifat terbuka untuk lulusan manapun.

Sedangkan PCPM jalur Targeted Oriented adalah seleksi penerimaan PCPM yang di lakukan oleh Bank Indonesia yang telah berkerja sama dengan beberapa pihak yaitu Campus hiring PTN dalam negeri dan Campus hiring luar negeri serta jalur PCPM Referral yaitu bekerjasama dengan lembaga penyedia beasiswa.

Seleksi PCPM diutamakan bagi yang memiliki pengalaman organisasi di kampus atau mereka yang aktif dalam kegiatan sosial di masyarakat. Namun berdasarkan pengalaman saya waktu mengikuti seleksi PCPM ada beserta yang tidak memiliki pengalaman organisasi namun tetap bisa lolos.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos di semua sesi tes akan menandatangani kontrak perjanjian ikatan dinas dengan Bank Indonesia.

Berdasarkan pengalaman saya mengikuti seleksi PCPM Bank Indonesia, menurut saya PCPM Bank Indonesia adalah seleksi yang sangat kompetitif dan cukup susah. Peminat seleksi PCPM Bank Indonesia setiap tahunnya ini sangat banyak bisa ratusan ribu. Seleksi PCPM Bank Indonesia juga tidak dibuka setiap tahun, tergantung kebutuhan.

Soal pcpm Bank indonesia

PCPM Bank Indonesia menjadi incaran bagi para milenial untuk dapat bekerja di Bank Indonesia. Bank Indonesia adalah Bank Sentral yang tugasnya membuat kebijakan moneter.

Dapat bekerja di Bank Indonesia merupakan mimpi bagi banyak, selain karena alasan gaji, kesempatan untuk dapat bergabung Bank Indonesia adalah hal yang berharga. Namun untuk dapat bekerja di Bank Indonesia sangatlah susah dan membutuhkan perjalanan yang panjang. Untuk dapat bekerja di Bank Indonesia jalur PCPM para peserta harus menjalani serangkaian proses seleksi.

Proses seleksi PCPM BI meliputi seleksi administrasi, Tes Potensi Dasar dan Person Organization Fit, Tes pengetahuan umum dan kebanksetralaan, tes bahasa Inggris, tes psikologi, LCD dan wawancara psikologi, Tes kesehatan dan psikiatri dan tes wawancara akhir.

Jika anda ingin lolos anda harus lolos dalam semua proses tersebut. PCPM BI menggunkan sistem gugur jika tidak lolos dalam satu proses artinya kalian gugur tidak bisa melanjutkan proses ke selanjutnya. Saran saya jika kalian saat ini bekerja jangan tinggalkan pekerjaan kalian dulu, tetap ikut seleksi BI tapi harus tetap bekerja. Kalau belum bekerja tetap cari pekerjaan lain juga, karena belum tentu akan keterima seleksi di Bank Indonesia. Bukan pesimis ya, tapi lebih berfikir realistis.

Pada saat saya mengikuti tes seleksi PCPM vendor penyelenggara seleksi adalah dari Infomedia.
Setelah melakukan proses submit atau menyelesaikan pendaftaran secara online melalui website, kita akan menunggu apakah lolos administrasi atau tidak. Pengumuman lolos administrasi biasanya juga sudah di jadwal oleh pihak vendor dan Bank Indonesia. 

Saat pengumuman seleksi administrasi, akan diumumkan melalui akun masing masing, melalui tracking menu lamaran. Jika berwana hijau makan dinyatakan lolos dan merah tidak lolos.

Kalau dari pengalaman saya untuk seleksi administrasi banyak peserta yang lolos. Selama memenuhi persyaratan dari usia, dan dokumen yang diupload sesuai serta pengisian data sesuai kemungkinan besar akan lolos. Saat pengumuman administrasi dulu diumumkan saat siang hari, dan karena banyak yang mengakses website jadi lambat diakses. Saya baru bisa membuka pengumuman saat malam hari.

Setelah mendapat pengumuman kelulusan seleksi administrasi melalui email. Pada peserta juga akan mendapat email, secara bertahap. Setelah itu para peserta juga akan mendapatkan email undangan Tes Potensi Dasar dan Person Organization Fit. Email undangan berisi link tes, jadawal tes dan username dan password nya.

Namun sebelumnya juga akan ada try out terlebih dahulu, ini dilakukan dulu H-1 atau H-2 sebelum jadwal tes dimulai. Try out ini lebih bertujuan untuk menguji perangkat komputer atau laptop  serta jaringan yang digunakan. Waktu itu Try out ini sifatnya tidak wajib, dan tidak mempengaruhi penilaian. Namun alangkah baiknya diikuti untuk mengetahui kesiapan dari perangkat dan jaringan internet yang anda gunakan.

Try out PCPM Bank Indonesia juga berlangsung singkat dan hanya sekali saja, tidak boleh terlambat mengaksesnya, harus sesuai jadwal yang diberikan melalui email. Kalau tidak sesuai jadwal sistem akan otomatis terkunci.

Pastikan jaringan internet dan perangkat yang digunakan sesuai. Dan tes PCPM Bank Indonesia tidak diperkenankan menggunakan handphone karena ada kemungkinan tampilan tidak akan bisa menyesuaikan layar handphone.

Jadwal tes potensi dasar dan person organization fit dalam satu hari biasanya dibagi beberapa sesi, kalau tidak salah ada 3 sesi. Saya mendapat sesi yang siang. Anda hanya di izinkan masuk ke link sesuai jadwal dan jam anda masing masing. Namun saat itu 30 menit sebelum tes dimulai, sudah siap di komputer. 

Cari tempat tes yang nyaman dan tenang. Siapkan kertas dan pensil untuk corat coret, dan seingat saya tidak diijinkan untuk browsing, dan memakai kalkulator.

Walaupun tes nya bersifat mandiri kalian harus menaati segala peraturan yang ada. Karena microphone dan kamera saat tes berlangsung harus aktif. Jadi gerak gerik dan suara akan terekam oleh panitia.

Jangan pernah memfoto soal dan dibagikan kepada orang lain, karena setiap peserta akan memiliki kode soal yang berbeda, dan di layar akan ada watermark kode soal masing masing peserta.

Untuk pakaian tes seleksi PCPM BI adalah bebas tapi tetap sopan.Untuk cerita selanjutnya akan saya tuliskan pada part ke 2, biar tidak terlalu panjang.