Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Tes Person Organization Fit PCPM Bank Indonesia Part 2

 

Soal Person Organization Fit (POV) bank Indonesia
POV PCPM Bank Indonesia

Salah satu tes yang dilakukan saat seleksi PCPM Bank Indonesia ada tes Person Organization Fit atau POF.

Apa itu Person Organization Fit

Person Organization Fit ada tes yang digunakan  untuk mengetahui pribadi seseorang yaitu apakah seorang individu memiliki karakter yang sesuai dengan nilai - nilai organisasi atau tempat dimana dia berkerja.

Person Organization Fit banyak dilakukan oleh para perusahaan atau instansi saat melakukan seleksi penerimaan pegawai.
Tujuan Person Organization Fit adalah untuk mengetahui kesesuaian individu dengan nilai dan visi misi dari perusahaan.

Perusahaan dalam melakukan proses seleksi akan menilai kecocokan antar individu yang sedang menjalani tes, apakah sesuai dengan nilai organisasi.

Person Organization Fit menilai kesesuaian tujuan, nilai, karakteristik, dan pemenuhan kebutuhan.

Dalam kaitannya di dalam dunia kerja tes Person Organization Fit juga berhubungan dengan sikap profesionalisme, interaksi dengan rekan kerja, team work.

Tes Person Organization Fit PCPM Bank Indonesia.

Salah satu tes saat penerimaan pegawai Bank Indonesia adalah tes Person Organization Fit. Seleksi PCPM Bank Indonesia melakukan tes tersebut bersama dengan Tes Potensi Dasar.

Bagaimana Tes Person Organization Fit (POF) di Bank Indonesia

Tes Person Organization Fit (POF) di PCPM Bank Indonesia adalah tes untuk mengetahui kesesuaian nilai dari para pendaftar dengan nilai organisasi dari Bank Indonesia.

Menurut saya tes Person Organization Fit PCPM Bank Indonesia adalah tes yang paling mudah dibandingkan  dengan subtes yang lain. Pada saat itu ada 75 soal dengan waktu yang cukup. Bahkan waktunya tersisa cukup banyak. Karena jawaban dari pertanyaan nya cukup memilih jawaban "Ya" Atau "Tidak"

Walaupun terbilang mudah namun jangan dianggap sepele. Butuh ketelitian, konsentrasi dan yang paling penting ada konsistensi. Kenapa diperlukan konsistensi dalam menjawab pertanyaan soal Person Organization Fit PCPM Bank Indonesia, karena ada soal soal yang saling berhubungan dengan soal lain.

Pilihan jawaban nya cuman "Ya" dan "Tidak". Jika pertanyaan tersebut membawa hal yang negatif pilihan jawanan Tidak. Pada dasarnya pilih jawaban sesuai dengan hati nurani kalian. Pertanyaan Person Organization Fit untuk menilai apakah kepribadian kalian sesuai dengan nilai dari organisasi atau tidak.

Contoh pertanyaan Person Organization Fit
Saya enggan terlibat dalam aksi kritik terhadap instuisi pemerintah
A. Ya
B. Tidak

Saya senang mengikuti upacara di hari senin dan hari besar kebangsaan
A. Tidak
B. Ya

Salah satu contohnya adalah seperti itu pertanyaan Person Organization Fit di Bank Indonesia. Harus teliti, karena pilihan jawaban "Ya" bisa di atas ataupun  di bawah.


Konsistensi adalah salah satu tips menjawab pertanyaan Person Organization Fit PCPM Bank Indonesia. Semangat mengikuti seleksi di Bank Indonesia semoga dimudahkan dalam semua seleksi dan diberikan hasil yang terbaik.