Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaji Tukang Las Bawah Laut Per Bulan Dan Cara Menjadi Tukang Las Bawah Laut

Cara menjadi tukang las bawah laut

Gaji tukang las bawah laut - Tukang las bawah laut atau underwater welder merupakan profesi yang cukup jarang di Indonesia.

Padahal profesi Tukang las bawah laut adalah pekerjaan yang dapat menghasilkan gaji yang besar dan fantastis bahkan bisa milyaran.

Tukang las bawah laut memiliki tugas memperbaiki kabel, pipa yang ada di wilayah perairan.
Didalam laut atau perairan terdapat pipa dari minyak dan gas, kabel bawah laut. Tugas dari seorang tukang las bawah laut adalah melakukan perbaikan jika terjadi masalah dan gangguan benda benda tersebut dibawah laut.

Selain itu juga tukang las bawah laut juga memiliki tugas memperbaiki kontruksi kapal melalui proses pengelasan.

Perusahaan yang membutuhkan jasa dari tukang las bawah laut adalah jaringan provider,  kapal pesiar, pengeboran minyak dan perusahaan lainnya yang berhubungan dengan wilayah perairan atau laut.

Salah satu contohnya perusahaan provider menggunakan jasa seorang tukang las bawah laut untuk memperbaiki kabel bawah laut saat terjadi gangguan dari jaringan provider. Tukang las bawah laut akan memperbaiki kabel yang mengalami kerusakan.

Cara menjadi Tukang Las Bawah Laut

Tukang las bawah laut adalah pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus. Jika seseorang ingin menjadi tukang las bawah laut, dia harus memiliki sertifikasi khusus melalui pelatihan yang menyediakan pendidikan dan pelatihan khusus pengembangan Las. Kalau di Indonesia masih terbilang jarang. Salah satunya penyedia pelatihan kerja khusus pengembangan las atau PPKKPL adalah solo techno park yang merupakan progam yang disediakan oleh Pemerintah Surakarta, yang didukung oleh Kementerian Perindustrian dan Perdagangan. Jika anda tertarik bisa mencari informasi lebih lanjut dengan menghubungi pihak yang bersangkutan.

Kualifikasi Tukang Las Bawah Laut

Seseorang tukang las bawah laut selain harus memiliki sertifikasi keahlian mengelas. Dia harus bisa menyelam, serta memiliki fisik yang kuat. Saat menyelam tukang las bawah laut akan menggunakan perlengkapan scuba diving.

Resiko Pekerjaan Tukang Las Bawah Laut

Setiap pekerjaan pasti ada resikonya,  tukang las bawah laut selain resiko dari alam dan lingkungan yang berada di dasar laut atau perairan. Tukang las bawah laut  harus menghadapi bahaya pada aliran listrik. Mereka akan menggunakan listrik dalam melakukan proses pengelasan.

Gaji Tukang Las bawah laut

Gaji tukang las bawah laut sangatlah besar. Gaji Tukang las bawah laut berkisar antara Rp460 juta sampai Rp1 Milyar per tahun.

Gaji dari profesi tersebut sangat bervariasi dan bergantung pada sertifikasi, pengalaman kerja, lembur, kerumitan proyek pekerjaan yang dijalankan, dan faktor lainnya. Semakin berpengalaman seorang tukang las bawah makan gajinya akan semakin tinggi.

Bagaimana apakah anda tertarik dengan profesi tersebut. Untuk menjadi tukang las bawah laut, anda harus menjalani serangkaian pelatihan kompetensi keahlian.