Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Test Interview dan Psikotes Di PT Infomedia Solusi Humanika

PT Infomedia Solusi Humanika adalah perusahaan dari Telkom Group yang bergerak pada layanan human capital atau penyalur jasa tenaga kerja. Gaji dari PT Infomedia Solusi Humanika bergantung pada posisi pekerjaan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman mengikuti test seleksi psikotes dan interview di PT Infomedia Solusi Humanika.

PT Infomedia Solusi Humanika membuka walk interview setiap hari Senin sampai Jumat, prosesnya dari pagi sampai sore. Itu pengalaman saya dulu ketika mengikuti interview dan psikotes sebelum pandemi. Sekarang setahu saya pendaftaran nya online lewat website.

Pengalaman ini adalah pengalaman dari diri saya ketik melamar pekerjaan di PT Infomedia Solusi Humanika Semarang. Saya datang pagi, karena proses seleksi dimulai dari jam 8 pagi. Disana juga sudah banyak orang yang mengikuti proses seleksi di PT Infomedia Solusi Humanika. Saya juga bertemu dengan teman saya satu almamater.

Proses awal dari seleksi di PT Infomedia Solusi Humanika adalah kita masing masing dibagikan lembar form registrasi oleh pihak HRD, dan disuruh ngisinya nanti aja, saat ada intruksi mengisi. Proses awal ada screening membaca, karena PT Infomedia Solusi Humanika yang nantinya kita akan bekerja di call center BCA dan contact center Telkom. Proses yang dinilai adalah suara, logat dan intonasi.

Masing masing dari kita bergiliran suruh membaca teks berita dari Handphone yang dibawa HRD. HRD akan menilai para kandidat dari situ. Hal yang dinilai adalah suara yang jelas, logat, intonasi dan ketenangan dalam berbicara. Jadi ketika membaca teks berita yang diberikan harus terdengar jelas, dan jangan gugup biar suara tidak bergetar. Kami disuruh membaca satu persatu. Jadi pihak HRD nya, yang keliling ke para pelamar. Saat itu pelamar memang sangat banyak.

Gambar orang kantor

Setelah proses screening awal, HRD akan mengumumkan siapa saja yang akan lolos untuk seleksi selanjutnya. Sembari kami menunggu pengumuman, HRD menyuruh kami untuk mengisi formulir pendaftaran.

Setelah kami selesai mengisi formulir pendaftaran, formulirnya dikumpulkan semua. Dan saat itu HRD mengumumkan siapa saja yang lolos ke seleksi selanjutnya. Waktu itu nama nama yang dipanggil dimasukan dalam 2 ruangan. 

Karena waktu itu kebutuhan, yang tersedia adalah untuk posisi Contact center Telkom dan Call center BCA. Waktu itu kebetulan saya lolos untuk seleksi sebagai call center BCA. Jadi kita yang lolos untuk Call center BCA masuk kedalam ruangan untuk mendapatkan briefing dari pihak Infomedia. Waktu itu kalau tidak salah ada sekitar 7 sampai 8 orang yang lanjut.

Saat itu kami di briefing bagaimana cara menjadi seorang call center, dan belajar mengenai produk knowledge dari bank BCA. Selain itu kami juga diajak praktek, untuk menjadi seorang call center Bank BCA. Kami disuruh satu persatu praktek. Tenang saja, jangan takut salah. 

Kami semua juga saat itu banyak yang salah, karena baru pertama kali. Yang perlu ditekankan adalah ketenangan dalam berbicara. Selain itu juga kami juga disuruh, menyiapkan perkenalan dalam bahasa Inggris, semisal nanti kalau interview  user dari pihak Bank BCA.

Setelah kami diajari bagaimana cara menjadi Call Center BCA, test tidak hanya berhenti disitu ya. Masih ada tahapan selanjutnya yang harus dilalui. Test selanjutnya ada test soal psikotes.  Untuk soal psikotes sendiri, waktu itu kita diberi link untuk mengerjakan. Jadi proses mengerjakannya menggunakan smartphone masing masing.

Soal psikotes dari PT Infomedia Solusi Humanika saat itu lebih banyak soal tentang gambar. Atau soal figural. Dan soal figural nya terdiri dari beberapa jenis. Seperti melanjutkan gambar, memilih gambar yang paling berbeda, memilih pola gambar yang paling sesuai. Dalam soal tersebut sudah ada intruksi nya masing - masing per part.

Untuk waktu mengerjakannya diberi waktu oleh pihak HRD Infomedia Solusi Humanika. Dan jika waktu habis kalian harus berhenti mengerjakan. Setelah soal psikotes. Test selanjutnya adalah mengetik cepat. Kalau bisa perlu latihan dulu ya. Setelah proses seleksi saat itu langsung diumumkan siapa saja yang lolos. Waktu itu saya masih lanjut untuk mengikuti interview user bank BCA. Sementara teman saya di rolling untuk jadi contact center Telkom.

Setelah itu kami di briefing untuk yang lanjut BCA dan untuk Telkom di sendirikan. Untuk yang BCA interview akan dilakukan menunggu jadwal dari bank BCA. Untuk itu kamu disuruh untuk latihan dulu sendiri bagaimana cara menjadi call center BCA. Kalau nanti sudah ada jadwal dengan pihak bank BCA. Kami akan di panggil kembali untuk interview bersama pihak Bank BCA.

Proses seleksinya dari pagi sampai sore, jadi lumayan melelahkan, kalian harus mempersiapkan energi dan istirahat yang cukup ya.