Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ulasan Pengalaman Interview Psikotes di PT Transcosmos Indonesia

Pada tulisan berikut ini sayang akan membagikan pengalaman tentang PT Transcosmos Indonesia. Semoga ulasan yang saya berikan dapat bermanfaat. Ulasan berikut adalah pengalaman saat mengikuti tes di PT Transcosmos  Indonesia. Berikut adalah mengenai ulasan dari PT Transcosmos Indonesia Semarang.

PT Transcosmos Indonesia adalah perusahaan yang bekerjasama dengan beberapa mitra perusahaan. 

PT Transcosmos Indonesia bergerak dibidang  penyalur tenaga kerja untuk contact center, telemarketing, human resources, sales  back office, dan masih banyak lagi. Alamat PT Transcosmos Indonesia ada di Jalan Prof Dokter Satrio, Kuningan Timur Jakarta Selatan tepatnya di Gedung RDTX Tower Kav E4 lantai 7. Itu adalah lokasi yang Jakarta.

Sementara alamat PT Transcosmos Semarang berada di Lempongsari Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang, tepatnya ada Gedung Vina House Semarang.

Gaji di PT Transcosmos Indonesia adalah cukup lumayan tinggi dan layak berdasarkan pengalaman rekan saya yang sudah bekerja disana.

Nominal gaji Transcosmos Indonesia terdiri dari gaji pokok, dan berbagai macam tunjungan. Gaji Transcosmos beragantung pada posisi yang dilamar. Terkait detail nominal gaji Transcosmos Indonesia bisa ditanyakan secara detail satu mengikuti interview dan psikotes kepada pihak HRD Transcosmos Indonesia. 

Pengalaman  mengikuti interview di PT Transcosmos bersama kawan saya. Waktu itu kami masih tergolong fresh graduate. PT Transcosmos lumayan cukup terkenal di kalangan para fresh graduate.

Waktu itu saya mengikuti proses seleksi walk interview yang di laksanakan di kantor Transcosmos Semarang. Waktu sebelum pandemi ya.

Kartun kerja

Apa itu walk interview?

Walk interview adalah proses seleksi terbuka yang dilakukan oleh perusahaan, para pelamar pekerjaan bisa langsung datang ke lokasi tes, atau undangan interview bersifat terbuka.

Proses seleksi psikotes dan interview di PT Transcosmos berlangsung pagi hari mulai dari jam 8 pagi sampai Sore itu sebelum pandemi. Jadi kalian yang saat ini mau melamar di PT Transcosmos alangkah baiknya cari informasi terlebih dahulu karena masa pandemi.

Kami berangkat dari kos pagi ke PT Transcosmos yang letaknya ada di Vina House, lokasinya di pinggir jalan jadi tidak terlalu sulit. Ternyata disana sudah banyak orang atau pelamar yang mau mengikuti seleksi interview dan psikotes.

Saat pertama kali masuk ke ruangan PT Transcosmos, kami disuruh mengisi buku absensi terlebih dahulu. Setelah itu kamu di briefing oleh HRD mengenai proses seleksinya.
Proses seleksi di PT Transcosmos Indonesia Semarang meliputi test mengetik cepat, psikotes, interview HRD, Interview User.

Setelah kami di briefing langkah yang pertama dilakukan adalah mengisi formulir melalui tautan google document. Tinggal kalian isi saja biodata kalian melalui tautan yang diberikan. 

Setelah mengisi tautan selanjutnya adalah test mengetik cepat. Sistem dipanggil satu per satu melalui data diri yang kalian isi tadi. Dalam satu kloter terdiri beberapa orang untuk masuk kedalam ruang test mengetik cepat.

Saat nama saya dipanggil kebetulan barengan dengan teman saya, kami satu kloter. Sebelum test mengetik cepat. Kita dijelasin dan dikasih intruksi kalau kalian punya 3 kali kesempatan.

Dan akan diambil skor tertinggi yang kalian dapatkan. Instruksi yang diberikan kita harus mengetik cepat kalau tidak salah minimal sebanyak 35 kata dalam waktu 1 menit, dengan akurasi betul 90 persen. 

Jadi tidak hanya kata yang benar saja yang di ketik tapi sistem akan menghitung akurasi benar atau salah kata yg di ketik. Jadi jika kalian salah mengetik kata yang tampil di layar, skor akurasinya akan berkurang.

Jadi yang dinilai dalam test mengetik cepat adalah banyak kata yang di ketik dengan benar. Ada 3 kali percobaan pemanasan sebelum test sesungguhnya dilakukan dan 3 kali test, dan akan di pilih skor tertinggi yang didapatkan.

Tips dari saya agar kalian lolos seleksi mengetik cepat adalah banyak latihan. Kalian bisa belajar sendiri melalui internet. Ketik saja kata kunci tes mengetik cepat, disitu ada website tes mengetik cepat, dan bisa mengetahui skor kemampuan mengetik cepat diri kalian sendiri.

Sistem tes seleksi di PT Transcosmos adalah sistem gugur, kalau kita gak lolos test mengetik cepat, maka tidak bisa melanjutkan proses selanjutnya. Tapi tidak perlu khawatir , bahwa kita bisa datang kembali mengikuti seleksi di PT Transcosmos Indonesia kata pihak HRD Transcosmos.

Setelah test mengetik cepat saat itu juga langusung diumumkan siapa yang lanjut untuk mengikuti test selanjut. Namun sayangnya saya dan teman saya tidak bisa melanjutkan ke proses selanjutnya. Intinya harus berlatih lagi untuk mengetik cepat.

Semoga ulasan PT Transcosmos Indonesia ini bermanfaat untuk anda semoga. Selamat berjuang. Semoga mendapatkan pekerjaan yang terbaik.