Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Tes Wawancara Psikologi PCPM Bank Indonesia

Tes Wawancara Psikologi pada seleksi PCPM Bank Indonesia

Soal pcpm bank Indonesia

Tes Wawancara Psikologi pada seleksi PCPM Bank Indonesia dilaksanakan bersama dengan tes LGD dan tes psikologi.
Tes wawancara Psikologi adalah serangkaian tes biasanya digunakan dalam seleksi tertentu seperti melamar pekerjaan, mendaftar taruna angkatan dan seleksi lainnya.

Wawancara Psikologi bertujuan untuk mengetahui karakteristik kepribadian seseorang individu sebagai penilaian apakah seseorang kandidat dapat diterima atau tidak.

Tes Wawancara Psikologi adalah salah rangakaian seleksi yang penting dalam penerimaan calon atau kandidat dari sebuah seleksi. Tes wawancara psikologi memiliki pengaruh penting apakah kandidat yang dicari sesuai atau tidak dengan nilai - nilai yang dikehendaki oleh sebuah lembaga atau organisasi.

Salah satu lembaga yang menjalankan Tes Wawancara Psikologi dalam proses penerimaan karyawan adalah Bank Indonesia.

Dalam penerimaan Pendidikan Calon Pegawai Muda atau PCPM Bank Indonesia, memiliki seleksi yang ketat dan cukup panjang. Salah satu tahapan yang harus dilalui oleh para peserta adalah Wawancara Psikologi.

Bagaimana proses wawancara psikologi pada PCPM Bank Indonesia?

Semoga melalui tulisan ini, dapat membantu para peserta dalam mempersiapkan diri saat mengikuti tes wawancara Psikologi PCPM Bank Indonesia.

Wawancara psikologi pada tes PCPM Bank Indonesia akan dilakukan oleh seorang psikolog. Satu per satu peserta akan secara bergantian diwawancarai oleh 1 psikolog. Pertanyaan yang diajukan dalam wawancara psikologi adalah pengalaman pribadi yang dialami oleh peserta. Salah satu pertanyaan dalam wawancara psikologi PCPM Bank Indonesia adalah mengenai permasalahan hidup yang pernah dialami dan bagaimana cara mengatasinya.

Kemudian pertanyaan selanjutnya adalah mengenai konflik yang pernah dialami dengan orang lain baik dalam organisasi, tempat kerja, atau pergaulan. Serta bagaimana cara mengatasinya.

Selain itu pertanyaan lain adalah tentang titik terendah dalam hidup dan bagaimana kamu bisa keluar dari masalah tersebut, bagaimana cara mencapai tujuan dalam hidupmu dan masih banyak lagi. Pertanyaan yang diajukan adalah tentang kehidupan yang pernah kamu lalui dan bagaimana cara kamu mengatasi setiap kesusahan yang terjadi.

Tips Menghadapi Wawancara Psikologi

Tips menghadapi wawancara psikologi adalah tetap tenang. Anggap kalau kamu sedang curhat bersama teman dekatmu. Dan tunjukan kalau kamu adalah pribadi yang penuh optimis dan memiliki pemikiran positif di setiap kesulitan yang kamu sedang alami. Jawab pertanyaan dengan jujur, tidak gugup. 

Wawancara psikologi bertujuan untuk mengetahui kepribadian dan karakteristik diri. Durasi dalam wawancara psikologi sekitar 45 menit - 60 menit. Penting untuk selalu tenang, dan santai dalam menghadapi wawancara psikologi. Sikap sopan dan santun serta ramah juga penting agar kamu memberikan kesan yang positif kepada Psikologi yang mewawancarai.

Setelah wawancara psikologi berkahir selanjutnya adalah tahapan verifikasi dokumen yang dipersyaratkan. Untuk proses verifikasi akan dipandu dari pihak panitia PCPM Bank Indonesia. Jadi ikutilah setiap intruksi yang ada. Untuk dokumen yang dibawa saat itu juga sudah diumumkan sebelum nya. Jadi kalian harus mempersiapkan nya dengan baik. Jangan sampai ada yang tertinggal.

Dokumen yang disiapkan dalam verifikasi PCPM adalah :
  1. KTP
  2. Ijazah dan Transkrip Nilai
  3. SKCK
  4. Sertifikat bahasa Inggris
Bisa jadi juga ada dokumen lainnya, intinya kalian harus membaca dengan detail pernyataan dari pengumuman, jangan sampai ada yang terlewat. Semoga kita semua dimudahkan dalam menggapai karir dan pekerjaan. Dan diberikan pekerjaan yang terbaik di manapun berada, semoga kita semua selalu sukses dengan cara yang terbaik.