Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tes LGD dan Tes Psikologi PCPM Bank Indonesia Kisi Kisi

Tes psikologi PCPM Bank Indonesia
Setelah menjalani proses tes kebanksentralan, pengetahuan umum dan bahasa Inggris. Bagi perserta yang lolos akan melanjutkan tes selanjutnya yaitu tes psikologi dan Leaderless Group Discussion serta wawancara psikolologi.

Kalau pada tahap tes sebelumnya tes dilakukan secara online atau daring. Pada tahap tes PCPM LGD dan wawancara psikologi akan dilakukan secara luring atau bertemu langsung.

Sebelum tes LGD, psikologi, dan wawancara psikologi dilaksanakan peserta yang dinyatakan lolos akan menerima undangan kapan dan dimana tes tersebut dilaksanakan. Dan beberapa hari sebelum pelaksanaan para peserta juara akan mendapatkan briefing langsung dari pihak Bank Indonesia. Briefing pada tahap tes PCPM ini meliputi penjelasan dan teknikal meeting.

Para peserta akan mendapat penjelasan mengenai tahapan dan teknis pada tes LGD, Psikologi dan Wawancara Psikologi. Briefing akan dipandu oleh panitia PCPM dari pihak Bank Indonesia.  Pada tahap tes ini ada tes yang tidak tercantum pada jadwal namun akan dilaksanakan tes ulang, tes ulang materinya adalah tentang kebanksentralan.

Jadi sebelum tes psikologi, LGD dan wawancara psikologi terlebih dahulu peserta akan menjalani tes ulang tentang materi kebanksentralan dan informasi tersebut diberikan saat briefing berlangsung.

Alangkah baiknya kalian juga membaca kembali, materi kebanksentralan. Pada saat hari H pelaksanaan tes yang pertama yang diujikan adalah tes kebanksentralan. Materinya mirip dengan tes kebanksentralan yang sudah dilalui sebelumnya. Setelah tes ulang kebanksentralan memasuki tes selanjutnya, yaitu tes psikologi.

Tes Psikologi PCPM Bank Indonesia

Tes Psikologi PCPM Bank Indonesia adalah tes tentang penilaian terhadap diri untuk mengetahui gambaran diri seseorang. Tes psikologi bertujuan untuk mengetahui karakter dari seseorang serta minat yang dimiliki.

Tips menghadapi tes psikologi adalah jawab sebenarnya benarnya tentang diri anda dan konsisten dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan.

Pada tes psikologi Bank Indonesia akan ada pertanyaan daftar preferensi mana saja yang lebih disukai dan menggambarkan diri kalian. Para peserta tes PCPM juga akan diminta untuk mengurutkan mana yang paling disukai dan mana yang paling tidak disukai. Serta mana saja yang paling menggambarkan diri kalian dan mana yang bukan.

Tips menjawab pertanyaan psikologi adalah jawab dengan jujur, karena satu soal dengan soal lainnya memiliki keterikatan. Jadi kalau tidak konsisten menjawabnya akan bisa dilihat dari hasil tersebut. Tes psikologi PCPM Bank Indonesia cukup mudah dilalui, intinya adalah jujur terhadap diri kalian.

Setelah tes psikologi tes selanjutnya adalah LGD atau Leaderless Group Discussion

LGD PCPM BANK Indonesia

Tes LGD PCPM BI tes ini poin yang paling penting adalah public speaking dan kontrol diri serta emosi. Penilaian yang ditekankan pada LGD bukan seberapa vokal diri kamu. Saran jangan egois untuk menunjukan kemampuan berbicara. Semua orang dalam forum memiliki kesempatan berbicara. Kalau kamu dominan dalam berbicara dan ingin berbicara terus pada tahap tes ini. Justru akan menjadi boomerang, karena terkesan egois dan tidak mau mengalah dalam bekerja team.

Dalam LGD PCPM Bank Indonesia para peserta akan dibagi menjadi group group yang terdiri dari 5-7 orang. Dan setiap kelompok akan diberikan topik tertentu. Sebelum LGD dimulai anggota kelompok akan terlebih dahulu mendiskusikan topik yang diberikan. Diskusi yang dimaksud adalah merumuskan masalah dan mencari solusi dari topik yang akan dibahas.

Saat diskusi LGD berjalan cukup menegangkan, setiap anggota memiliki kesempatan yang sama untuk berbicara menyampaikan pendapat. Saat proses diskusi LGD PCPM Bank Indonesia, poin yang terpenting adalah jangan berusaha untuk mendominasi ataupun terlalu diam. Gunakan kesempatan mu dengan baik. Dan kontrol emosi adalah hal yang sangat penting.

Saat proses LGD PCPM BI akan didampingi oleh seorang psikolog, yang mungkin juga akan menilai. Jadi aspek psikologi dan kontrol diri juga penting. Jangan menunjukan kalau dirimu yang paling menonjol, jadilah sosok yang mampu bekerja sama dan solutif. Etika dalam diskusi juga menjadi poin yang penting.

Jika ingin menyanggah harus sesuai aturan, dan jika orang lain berbicara juga harus didengar kan. Tunjukan kalau kamu adalah sosok yang mampu diajak kerjasama dan tidak egois. Sampaikan pendapat dengan bahasa yang baik dan sopan. Dan poin yang terpenting lainnya adalah jangan berpendapat keluar dari topik yang dibahas. 

Gunakan rumah 5W+1H, pahami benar benar materi yang sedang dibahas. Cari solusi dari masalah tersebut, kemukakan pendapat dengan tenang, dan tertata. Sekali lagi, poin psikologi juga dinilai dalam proses diskusi jari berusahalah untuk tetap tenang dalam kondisi tersebut. Gugup pastinya, namun tetap harus rileks dan jaga emosional.

Seluruh proses seleksi berlangsung satu hari ya, jadi harus istirahat yang cukup karena energi yang dibutuhkan cukup banyak.
Setelah proses LGD tes selanjutnya adalah wawancara psikologi. Untuk wawancara psikologi akan ditulis dalam artikel selanjutnya.