Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berita Acara Serah Terima Barang Simple Dan Jelas

Surat berita acara serah terima barang inventaris adalah sebuah kegiatan untuk memindahkan barang dari pihak pertama ke pihak kedua.

Biasanya surat berita acara banyak digunakan di perusahaan, instansi dan lembaga.

Surat berita acara serah terima barang inventaris kantor bertujuan sebagai bukti terjadinya pemindahan barang dari pihak pemberi ke pihak penerima barang inventaris kantor (pihak penerima). Jadi apapun barang yang dipindahkan dan diberikan selama itu adalah aset dan inventaris kantor, harus memerlukan surat serah terima barang.

Oleh sebab itu surat berita acara serah terima barang inventaris sangat penting, untuk menjaga sistem manajemen inventaris yang baik. 

Ketika pihak pertama dalam hal ini san pemberi dan pihak kedua yaitu penerima barang inventaris. 

Surat serah terima barang inventaris kantor bertujuan  untuk melindungi pihak terkait terutama pihak pertama (pemberi), kalau sudah memberikan sejumlah barang ke pihak kedua.

Pengertian surat terima barang inventaris kantor

Surat terima barang inventaris adalah dokumen yang berisikan pemindahan barang inventaris dari pihak pertama ke pihak kedua yang dibuktikan oleh pihak ketiga sebagai saksi.

Surat berita acara serah terima barang inventaris digunakan untuk menyerahkan barang atau aset perusahaan, instansi, dan lembaga atau lain lain.

Surah berita acara serah terima barang inventaris adalah dokumen yang menjadi bukti terjadi nya pemindahan barang.

Isi dari format berita acara serah terima barang inventaris adalah transaksi dan kegiatan pemindahan barang. Surat berita acara serah terima barang sangat penting sebagai dokumen legalitas pemindahan barang.

Format Berita Acara Serah Terima Barang Inventaris

Bagaimana Format berita acara serah terima barang inventaris. Dalam membuat berita acara serah terima barang harus memperhatikan beberapa hal. Format pada dasarnya akan selalu sama. Berikut adalah format dari berita acara serah terima barang

1. Pembukaan

Pada bagian pembukaan berisi informasi penting seperti kop surat, logo organisasi, nomor surat,  judul surat.

2. Isi

Isi dalam berita acara serah terima adalah pihak yang terlibat. Serta menerangkan maksud dan tujuan. Serta item apa saja yang diserahkan oleh pihak pertama ke pihak kedua.

3. Penutup dan Tanda Tangan

Pada bagian akhir surat tanda terima barang inventaris adalah kalimat penutup kalau pihak pertama telah memberikan sejumlah barang kepada pihak kedua. Dan pihak pertama telah bertanggung jawab penuh terhadap barang yang diserahkan. 

Hal yang paling penting lainnya pada bagian penutup surat serah terima barang adalah tanda tangan dari pemberi, penerima, dan saksi. Dan juga jangan lupa diberikan tanggal pelaksanaan.

surat berita acara serah terima barang doc.

Apakah surat serah terima barang harus dengan materai.

Jika materai memang dirasa perlu, apalagi barang yang diserahkan memiliki nilai yang cukup besar. Materai dapat digunakan sebagai bentuk legalitas hukum dan memperkuat legalitas hukum yang sah.

Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Barang Inventaris

Setelah mengetahui format dari berita acara serah terima barang inventaris kantor. Berikut adalah contoh berita acara serah terima barang inventaris kantor doc.

LOGO

PT. ABC
BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG

Dengan hormat,
Kami yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Jabatan :
Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA

Nama :
Jabatan :
Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA

Hari ini PIHAK PERTAMA telah menyerahkan barang kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA menyatakan telah menerima barang dari PIHAK PERTAMA.

Berikut rincian barangnya: Terlampir

Demikianlah berita acara serah terima barang yang kami buat dan disetujui oleh PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA. Yang mana barang tersebut dalam kondisi baik dan jumlah yang sesuai. Sejak penandatanganan surat ini, maka barang tersebut menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA.

Majalengka, 30 Oktober 2022

(Diserahkan)           (Diterima)     (Diketahui) 

Pemberi                  Penerima                Saksi                           

Semoga membantu buat kalian yang sedang mencari contoh surat serah terima barang inventaris kantor. doc.

Manfaat dari surat berita acara serah terima barang inventaris kantor adalah untuk melindungi jika terjadi permasalahan di kemudian akhir. Selain itu juga sebagai wujud untuk tertib dalam administrasi.

Mau itu instansi pemerintah, lembaga, perusahaan, organisasi, rt rw, sekolah surah serah terima berita acara sangat diperlukan untuk melindungi pihak yang bersangkutan.